Kamis, 08 Desember 2016

RESUME PKM-GT "Isu Penghapusan Un"

Dari tahun ke tahun penyelenggaraan Ujian Nasional selalu diwarnai dengan pro-kontra. Di satu pihak ada yang meyakini bahwa Ujian Nasional sebagai syarat kelulusan siswa masih tetap diperlukan. Tetapi di lain pihak, tidak sedikit pula yang menyatakan menolak Ujian Nasional sebagai syarat kelulusan siswa. Masing-masing pihak tentunya memliki argumentasi tersendiri. Oleh karena itu tujuan dari makalah ini adalah untuk membantu bagaimana menjelaskan solusi dari pro-kontra Ujian Nasional tersebut.

Berdasarkan permasalahan di atas maka pada makalah ini akan dibahas tentang, mengapa UJian Nasional dijadikan pertimbangan kelulusan, Pro- kontra Ujian Nasional, Dampak Ujian Nasional, Solusi Pro-kontra Ujian Nasional.

Namun saat ini, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan menyiapkan Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) sebagai pengganti moratorium Ujian Nasional (UN) pada 2017. Ujian Nasional dihentikan sementara karena dianggap tak mampu meningkatkan mutu pendidikan dan kurang mendorong kemampuan siswa secara utuh

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI, Muhadjir Effendy mengatakan USBN diselenggarakan oleh Kemdikbud, pemerintah daerah dan sekolah yang diawasi standarnya oleh Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP) dan dewan pendidikan provinsi serta daerah. USBN juga akan melibatkan banyak pihak seperti guru dan masyarakat.


Pergantian sistem ujian nasional (UN) menjadi ujian sekolah berstandar nasional (UASBN) memang memunculkan sikap pro dan kontra, banyak yang masih mempertanyakan apakah pergantian UN menjadi UASBN efektif dan bisa mewujudkan tujuan pendidikan. namun beberapa pihak berpandangan bahwa penghapusan ujian nasional dan diganti menjadi ujian sekolah berstandar nasional dinilai sebagai suatu terobosan baru, karena UN yang selama ini diterapkan pemerintah justru memunculkan banyak polemik dalam penerapannya.

Adapun dampak positif dan negatif penghapusan ujian nasional adalah sebagai berikut:
A. Dampak positif penghapusan ujian nasional
1. Beban psikologis siswa berkurang
2. Menghadirkan rasa keadilan siswa di indonesia
3. Meminimalisir pemahaman yang keliru tentang makna belajar

B. Dampak negatif penghapusan ujian nasional
1. Motivasi belajar siswa berkurang
2. siswa akan menjadi acuh tak acuh untuk belajar
3. Anak-anak akan sulit mengetahui potensi dalam dirinya

Untuk menentukan hasil pendidikan nasional, memang perlu dilakukan ujian nasional, namun sebaiknya jangan menjadikan sebagai satu-satunya syarat kelulusan siswa, karena selain memunculkan ketidaktenagan siswa dalam menghadapi UN, juga dapat menurunkan fungsi guru yang lebih tahu keadaan siswanya. UN hendaknya sebatas mengetahui peta kualitas pendidikan di Indonesia. Melalui UN dapat diketahui sejaauh mana kurikulum secara nasional tercapai, bukan untuk menjadi alat penentu kelulusan siswa. Kualitas pembelajaran sebaiknya tidak dibebankan ke siswa dengan target nilai. Karena dapat berdampak pada psikologis siswa, yang juga akan berdampak pada kualitas kuantitas pendidikan Indonesia kedepannya.


Dengan demikian perlu ditinjau ulang keharusan UN menjadi syarat utama dalam penentuan kelulusan siswa.

(dari berbagai sumber)

untuk pemenuhan tugas besar Literasi TIK 'o'

Tidak ada komentar:

Posting Komentar